Senin, 03 Januari 2011

Mengaktifkan login root ( Grafik ) pada ubuntu 10.10

Assalamualaikum warhamatulahi wabarakatu.

Curhat dulu :
Begini kawan. waktu saya mau edit file - file yang ada di file sytem melalui grafik, saya tidak bisa mengeksekusi di karenakan saya login sebagai user biasa. kecuali saya bisa mengakses penuh file yang ada di file sytem jika saya eksekusi melalui terminal yang di awali perintah $ sudo . Tapi di karenakan saya mau main klik - klik saja. saya berfikir untuk bagaimna supaya saya bisa login sebagai root melalui gerafik.
Ketika saya restart kemudian mendapatakan menu login, saya pilih other > kemudian saya tulis pada login : root dan saya masukan password root saya ( password yang sama ketika saya jalankan perintah $ sudo ). tapi tidak bisa. ternyata setelah baca membaca dari kakek www.google.com ehh.. ternyata root nya di disable. akhirnya kucarikan cara dan ku menemukanya. hee...
oke. mari kita eksekusi :

1. Masuk terminal.
2. Ketik perintah


nandar45@3ncrypter:~$ sudo passwd root
[sudo] password for nandar45:  <<<<<<< masukkan password root
Enter new UNIX password:  <<<<<<<<< isi kembali password root
Retype new UNIX password:  <<<<<<<< isi kembali password root

setelah muncul tampilan ini

passwd: password updated successfully








Jika sudah seperti gambar diatas berarti sudah sukses.


3. Restar komputer kemudian setelah masuk di menu logi screen. pilih other > masukkan login : root > password : ( masukkan password root mu )
4. Jika sudah masuk. eksekusilah semua file systemmu.. jagan sampe rusak nach... =)


Salam, Iskandar Idris


0 komentar:

Posting Komentar

prev next